Banten, (Infoparlemen.co.id) – pelayanan prima bukan hanya tanggung jawab dokter dan perawat, tetapi juga melibatkan seluruh staf, termasuk petugas security. Menurut Direktur RSUD Banten, Dr. Danang Hamsah Nugroho, keberadaan security memiliki peran yang sangat penting dalam memastikan kenyamanan dan keamanan pasien serta pengunjung.
“Security merupakan bagian yang sangat penting dalam memberikan pelayanan di RSUD Banten. Oleh karena itu, kami selalu melakukan pelatihan rutin untuk memastikan mereka mampu memberikan pelayanan yang terbaik kepada pasien dan pengunjung,” jelas Dr. Danang. (23/11/2024)
Sebagai bagian dari komitmen untuk meningkatkan kualitas pelayanan, RSUD Banten rutin mengadakan pelatihan bagi petugas security. Kali ini, sebanyak 19 petugas security yang bertugas di IGD mendapatkan penyegaran pelatihan. Pelatihan ini dipandu oleh Kepala Instalasi Humas RSUD Banten dan bertujuan untuk meningkatkan kemampuan petugas dalam memberikan pelayanan yang ramah, komunikatif, dan responsif.
“Pelatihan ini meliputi berbagai keterampilan penting, seperti cara memberikan senyum, sapa, dan salam yang ramah, serta cara berkomunikasi dengan pasien dan pengunjung dengan cara yang baik. Kami juga mengajarkan prosedur yang benar dalam menyambut pasien dan memberikan bantuan, terutama di situasi darurat,” ungkap Dr. Danang.
Selain itu, Dr. Danang berharap bahwa dengan pelatihan ini, para petugas security juga dilatih mengenai manajemen alat bantu jalan dan brangkart untuk memastikan penanganan pasien yang cepat dan tepat.
“Tujuan utama dari pelatihan ini adalah untuk memperkuat interaksi antara petugas security dengan pasien dan keluarga yang datang ke rumah sakit. Dengan pelatihan ini, kami harap dapat menciptakan suasana yang lebih ramah dan nyaman, yang pada akhirnya akan mendukung pelayanan kesehatan yang lebih baik di RSUD Banten,” tutup Dr. Danang Hamsah Nugroho.